UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMKN 02 TELUK KUANTAN KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | Sutri Yenti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/477/1/2011_2011590.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/477/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Pembimbing dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa, dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah semua guru pembimbing sebanyak 2 orang tidak memakai sampel karena jumlahnya sedikit.Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil wawancara dan dokumentasi dianalisa dengan naratif dan data hasil observasi dianalisa dengan teknik kuantitatif. Dan penelitian ini berlokasi di SMKN 02 Teluk Kuantan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa upaya guru pembimbing dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa berpresentase 73,5%, maka tergolong pada kategori cukup baik. Temuan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa yaitu teman sebaya, peran orang tua misalnya cara orang tua memperlakukan anak-anaknya sehingga ada yang bersifat otoriter, memanjakan anak, acuh tak acuh tetapi ada juga ada juga yang penuh kasih sayang, akan memberikan akibat yang mendalam dan permanen pada kehidupan anak, dan perbedaan pola asuh dari orangtua seperti ini dapat berpengaruh terhadap perkembangan emosi peserta didik.