PENERAPAN STRATEGI MENGUJI HIPOTESIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 025 TANJUNG RAMBUTAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Rosnita,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4746/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4746/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4746/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4746/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4746/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4746/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4746/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4746/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 025 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi menguji hipotesis dengan rumusan masalah adalah ”Bagaimanakah penerapan strategi menguji hipotesis dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 025 Tg.Rambutan”?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 025 Tanjung Rambutan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sampel pada penelitian ini adalah guru SDN 025 Tanjung Rambutan sebanyak 18 orang dan siswa kelas IV sebanyak 18 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes diakhir pembelajaran.Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan, kemudian penelitian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan indicator pemecahan masalah sebelum tindakan, diperoleh hasilnya dengan ratarata sebagai berikut: Sebelum tindakan =54,5% Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: Siklus I =72.5%, Siklus II=83,3%. Berdasarkan dari hasil diatas maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan strategi menguji hipotesis. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat sesudah menerapkan strategi menguji hipotesis