PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE CONNECTED TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 2 KUOK KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Yeni Siswita,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4745/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4745/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4745/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4745/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4745/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4745/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4745/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4745/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena pemahaman konsep matematika siswa di SMA Negeri 2 Kuok Kabupaten Kampar tergolong rendah. Sebagian besar nilai matematika siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu dibawah 70. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti memberikan solusi yaitu pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan tipe connected yang bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan tipe connected terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 2 Kuok Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan tipe connected terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 2 Kuok?” Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 90 siswa. Sampel penelitian adalah kelas X.1 dan X.3, dimana kelas X.1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan tipe connected. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran selama enam pertemuan, yaitu satu pertemuan untuk pretest, empat pertemuan dengan menggunakan Numbered Head Together (NHT) dengan tipe connected, dan satu pertemuan untuk posttest. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas data, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Untuk melihat hasil kemampuan pemahaman konsep matematika digunakan uji t dengan kriteria penolakan Ho adalah thitung ≥ ttabel. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,06 pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh ttabel = 2,00 dan 2,63. Ini berarti thitung > ttabel yaitu 2,00 < 3,06 > 2,63. Jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan tipe connected terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Adanya pengaruh dilihat dari mean kelas eksperimen sebesar 92,819 lebih tinggi dari pada nilai mean kelas kontrol yaitu 72,708. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan tipe connected memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep Matematika siswa kelas X.3 SMA Negeri 2 Kuok.