PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR
Main Author: | Ade Lina Fitri Harahap, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4738/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4738/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4738/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4738/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4738/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4738/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4738/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4738/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemahaman konsep matematika siswa MTs Pondok Pesantren Islamic Centre AlHidayah Kampar yang belajar menggunakan metode pembelajaran Talking Stick dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh pemahaman konsep matematika siswa MTs Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar yang belajar menggunakan metode pembelajaran Talking Stick dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design with. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus uji “t” untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung sebesar 3,79 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2, 02 maka thitung ≥ ttabel atau 3, 79 ≥ 2, 02 ini berati bahwa ha diterima dan ho ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Talking Stick terhadap pemahaman konsep matematika siswa.