PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI DI KELAS X SMA N 12 PEKANBARU
Main Author: | Yongki Wiradinata, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4737/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4737/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4737/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4737/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4737/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4737/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4737/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4737/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan stoikiometri di kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest dengan jumlah populasi sebanyak 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, dokumentasi, observasi, pretest dan posttest sebagai data akhir. Untuk mengetahui homogen atau tidaknya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet dan uji varians, dan untuk data akhir menggunakan uji âtâ. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,88 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa yang dilihat dari perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 77,43 dan kontrol 69,24. Dilihat dari perbedaan nilai posttest kedua kelas dapat menunjukan terjadinya peningkatan prestasi belajar dengan nilai rata-rata gain ternomalisasi (N-gain) kelas eksperimen sebesar 0,73 yang termasuk kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,63 termasuk kategori sedang.