PENERAPAN STRATEGI INKUIRI BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI PERUBAHAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TAMPAN KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU
Main Author: | Nurasia, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4735/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4735/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4735/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4735/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4735/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4735/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4735/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4735/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III SD Negeri 017 Tampan Kota Pekanbaru Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas III SD Negeri 017 Tampan Kota Pekanbaru, yaitu rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Hal itu dapat dilihat dari hasil ulangan harian yang dilakukan, ternyata 45% hasil belajar siswa tidak mencapai KKM yaitu 65. Maka dilakukan perbaikan pembelajaran dengan melaksanakan penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Inkuiri Biologi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan strategi Inkuiri Biologi dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan setiap menyelesaikan pembelajaran satu siklus pada materi pembelajaran mahkluk hidup yang telah dipelajari, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan jumlah siswa yang bernilai di atas KKM yaitu siklus I ada 20 orang 66% dengan nilai rata-rata 64. Pada siklus ke II yaitu 26 orang 86% dengan nilai rata-rata 68. Dari data ini menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi Inkuiri Biologi dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III SD Negeri 017 Tampan Kota Pekanbaru, artinya apabila penerapan strategi Inkuiri Biologi secara benar sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa.