PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU
Main Author: | Maya Munardi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4727/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4727/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4727/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4727/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4727/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4727/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4727/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4727/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Munawwarah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Example Non Examplesdengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Munawwarah Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah AlMunawwarah Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 63 siswa dan terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII Aisyah sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Tebak Pelajaran dankelas VIII Zainab sebagai kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu kemampuan pemecahan masalah matemaika sebagai variabel terikat dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, dan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas lima kali pertemuan dengan diterapkan model pembelajaran koopertif tipe Example Non Example dan satu pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan hasil uji tes-t didapat t0= 11,92 berarti lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% yaitu 2,02 dan 2,72. Dari perbedaan tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah AlMunawwarah Pekanbaru. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Examplest Non Examplest dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Munawwarah Pekanbaru.