PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI IPA SMA N 1 SUNGAI APIT KECAMATAN SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK

Main Author: Ika Sari,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4725/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4725/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4725/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4725/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4725/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4725/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4725/8/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4725/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh prestasi belajar kimia siswa SMAN 1 Sungai Apit yang diperoleh masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Apit Kabupaten Siak dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Pair Check pada pokok bahasan Koloid. Salah satu keunggulan teknik ini adalah adanya struktur yang jelas yang memungkinkan siswa untuk berbagi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pretes dan postes dengan jumlah populasi sebanyak 3 kelas yang terdiri dari kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang akan diterapkan model pembelajaran kooperatif Pair Check dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu asam basa, dokumentasi, observasi, pretes dan postes sebagai data akhir. Untuk mengetahui homogen atau tidak nya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet dan uji varians, dan untuk data akhir menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 7,18 dan ttabel = 1,658 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata gain ternormalisasi <N GAIN> hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,77 yang termasuk kategori tinggi, untuk kelas kontrol adalah 0,65 yang termasuk kategori sedang.