PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 GAUNG KABUPATEN INHIL PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

Main Author: Vinna Permata,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4722/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4722/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4722/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4722/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4722/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4722/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4722/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4722/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMAN 1 Gaung yang diperoleh masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMAN 1 Gaung Kabupaten Inhil dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking yang Dikombinasikan dengan Mind Mapping pada Pokok Bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pretes dan postes dengan jumlah populasi sebanyak 4 kelas yang terdiri dari kelas X1, X2, X3 dan X4. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang akan diterapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking yang Dikombinasikan dengan Mind Mapping dan kelas X1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu Pengenalan Ilmu kimia, dokumentasi, observasi, pretes dan postes sebagai data akhir. Untuk mengetahui homogen atau tidak nya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet dan uji varians, dan untuk data akhir menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung =4,70 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata gain ternormalisasi <N GAIN> hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,68 yang termasuk kategori sedang, untuk kelas kontrol adalah 0,61 yang termasuk kategori sedang