UPAYA KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBANTU GURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH DESA SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Marzuki,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/472/1/2011_2011511.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/472/
Daftar Isi:
  • Upaya adalah suatu usaha untuk mencapai suatu maksud. Sedangkan membantu guru untuk meningkat kemampuan mengajar adalah memberikan sokongan kepada guru untuk bisa menaikkan drajat atau taraf pendidikan sesuai dengan kesanggupan, yang memerlukan tanggung jawab moril yang cukup berat. Berhasilnya pendidikan pada siswa tergantung kepada pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan tugasnya. Tanpa adanya pertanggung jawaban yang penuh dari guru, maka suatu pendidikan tidak akan terlaksana sesuai dengan tujuan pendidikan tersebut. Adapun permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi dan pendukung kepala madrasah sebagai supervisor dalam membantu guru untuk meningkatkan kemampuan mengajar di Madrasah Tsanawiyah Sawah. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan persentase, maka diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digambarkan dengan kata-kata atau kalimat, dipisah-pisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpilan. Selanjudnya pada kalimat kulitatif yang terwujud dalam angka-angka dipersentasekan. Setelah penulis melaksanakan penelitian di lapangan untuk menjawab permasalahan tersebut ternyata Tingkat pengaruh antara kedua variabel berada pada kategori kurang maksimal, secara kuantitatif persentase upaya kepala madrasah sebagai supervisor dalam membantu guru untuk meningkatkan kemampuan mengajar di Madrasah Tsanawiyah Sawah diperoleh persentase 71,19% dimana hasilnya berada antara 50%-75%. Dengan demikian faktor-faktor yang penghambat upaya kepala sekolah sebagai supervisor dalam membantu guru untuk meningkatkan kemampuan mengajar adalah : Pengalaman kepala madrasah menjadi kepala madrasah baru tiga tahun sehingga pengalaman untuk memimpin sebuah lembaga pendidikan itu belum optimal, sehingga masih banyak program-program madrasah tersebut belum berjalan dengan sebaik mungkin, yang sesuai dengan visi dan misi madrasah tersebut, Dukungan dan kerja sama guru belum optimal