PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PAIR CHECK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAKARAN KIMIA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU
Main Author: | Imam Mustaqim, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4715/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4715/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4715/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4715/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4715/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4715/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4715/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4715/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada pokok bahasan termokimia di Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design, jumlah sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI IPA3 (eksperimen) berjumlah 36 dan kelas XI IPA4 (kontrol) berjumlah 36. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis (pre-test dan post-test), dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan test-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check, hasil pembelajaran lebih meningkat. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,93 dan ttabel = 1,67 (taraf signifikansi 5%) yang menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dihitung dengan rumus N-gain, dimana didapatkan N-gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen adalah 0,74 yang termasuk kategori tinggi dan N-gain hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 0,599 yang termasuk kategori sedang.