Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan layanan konseling individual bagi siswa yang memiliki masalah interaksi sosial di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Kampar (2) interaksi sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa sedangkan objek penelitian adalah pelaksanaan layanan konseling individual bagi siswa yang memiliki masalah interaksi sosial di SMA Negeri 1 Kampar. Populasi penelitian ini adalah 4 orang guru pembimbing dan 39 siswa SMA Negeri 1 kampar yang mengikuti proses konseling individual. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui interaksi sosial siswa dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan layanan konseling individual bagi siswa yang memiliki masalah interaksi sosial di SMA Negeri 1 kampar telah terlaksana, berdasarkan dari hasil wawancara guru pembimbing mengidentifikasi masalah siswa, mamanggil siswa, menerima siswa secara positif, melaksanakan tahap konseling, melakukan teknik-teknik konseling, melaksanakan evaluasi, menganalisis hasil evaluasi dan melakukan laporan konseling individual, sedangkan interaksi sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar tergolong tinggi yaitu 72.62%