Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan karirdi Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru, dan (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan karir di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing dan siswa kelas XII SMA Negeri 5 Pekanbaru, dan objeknya adalah persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan karir.Untuk mengumpulkan data digunakan teknik angket, wawancara dan dokumentasi.Data wawancara dan dokumentasi dianalisa dengan kualitatif dan data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan karir tergolong pada kategori “baik” yaitu berkisar antara 61-80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki persepsi yang baik tentang pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan karir. Selain itu, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa tentang pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan karir adalah (1) minat siswa yang masih kurang dalam mengikuti layanan informasi bidang bimbingan karir, (2) Perlunya media pembantu dalam melaksanakan layanan informasi bidang bimbingan karir, (3) Kurangnya waktu untuk guru pembimbing melaksanakan layanan informasi bidang bimbingan karir. Oleh karena itu, kepala sekolah hendaknya menambah jam mata pelajaran pengembangan diri agar guru pembimbing dapat melaksanakan layanan dengan baik.Dan guru pembimbing hendaknya melaksanakan layanan informasi bidang bimbingan karir secara optimal sehingga bisa menimbulkan persepsi yang sangat baik bagi siswa.Agar pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan karir bisa berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.