KONSEP DIRI SISWA YANG AKTIF MENGIKUTI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 25 PEKANBARU
Main Author: | Lamsaidah Pohan, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/469/1/2011_2011477.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/469/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling di SMP N25 Pekanbaru, (2) Untuk mengetahui upaya guru pembimbing membentuk konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling. SMP N25 Pekanbaru merupakan salah satu lembaga pendidikan yang telah menetapkan bimbingan dan konseling sebagai sesuatu yang sangat penting dalam sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, juga membantu siswa yang berkembang secara optimal baik kepribadian, sosial, kognitif, intlektual dan emosionalnya. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Pekanbaru dan apa upaya guru pembimbing dalam membentuk konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian adalah siswa SMP N25 Pekanbaru yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling pada tahun ajaran 2010/2011, adalah sebanyak 115 siswa. Objek penelitian adalah konsep diri. Data dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan deskriptif dan kuantitatif melalui persentase. Setelah dianalisis temuan penelitian menunjukkan bahwa: Konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling sebesar 63,8% hal ini menunjukan bahwa konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling berada pada level konsep diri negatif, serta didukung dengan hasil wawancara.