PENERAPAN STRATEGI CHARADES (TEBAK KATA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Jusmaneli, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4689/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4689/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4689/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4689/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4689/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4689/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4689/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4689/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan Strategi Charades (tebak kata) di Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah strategi Charades (tebak kata) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains melalui Strategi Charades (tebak kata). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan hanya 9 orang siswa atau 43% yang nilainya mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 65, untuk rata-rata kelas mencapai 61 dengan kategori “kurang” karena berada pada rentang dibawah 65. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 orang atau 61,5%, untuk nilai rata-rata kelas mencapai 70 dengan kategori “cukup” kareana berada pada rentang 65-70. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas lebih meningkat menjadi 17 orang siswa atau 81%, untuk nilai rata-rata kelas mencapai 76,1 dengan kategori “baik” karena berada pada rentang 71-84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Charades (tebak kata) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains kelas V di Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.