PENERAPAN TEKNIK CEK KOSONG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 017 MERANGIN KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Resti Amanah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4688/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4688/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4688/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4688/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4688/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4688/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4688/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4688/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar dengan penerapan teknik cek kosong. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik cek kosong dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang yang terbagi atas 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik cek kosong untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 46,67% atau 7 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 9 orang atau ketuntasan hanya mencapai 60,00%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 13 orang siswa atau dengan persentase 86,67%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan teknik cek kosong, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 017 Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.