PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF GROUP GRID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IVD SEKOLAH DASAR NEGERI 181 PEKANBARU
Main Author: | Hermawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4680/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4680/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4680/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4680/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4680/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4680/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4680/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4680/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IVD Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru dengan penerapan teknik pembelajaran kolaboratif group grid. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana penerapan teknik pembelajaran kolaboratif group grid dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IVD Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVD Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran kolaboratif group grid dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 53,33% atau 16 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 20 orang atau ketuntasan hanya mencapai 66,67%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 25 orang siswa atau dengan persentase 83,33%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan teknik pembelajaran kolaboratif group grid dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IVD Sekolah Dasar Negeri 181 Pekanbaru.