PENGARUH PENGGUNAAN METODE SIMULASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PASAR DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X MADRASAH PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KAMPUNG BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Main Author: Adria Selvi Nopella,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4669/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4669/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4669/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4669/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4669/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4669/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4669/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4669/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penggunaan metode simulasi (variabel bebas/independen atau variabel X) dan pemahaman siswa (variabel dependent/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara signifikan pengaruh penggunaan metode simulasi terhadap pemahaman siswa pada materi pasar dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang ada di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi, sedangkan objeknya adalah pengaruh penggunaan metode simulasi terhadap pemahaman siswa pada materi pasar. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 46 siswa, karena jumlah populasi tidak begitu besar maka penulis mengambil semua jumlah populasi untuk dijadikan sampel, maka penelitian ini dinamakan dengan penelitian populasi. Pengumpulan data diambil melalui angket, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Social Science) vesri 16.0 for windows. Berdasarkan hasil dan analisa data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode simulasi terhadap pemahaman siswa pada materi pasar dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi, dengan kontribusi penggunaan metode simulasi terhadap pemahaman siswa adalah 0,591 x 100 = 59,1% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel