PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING START WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI SMAN 1 RAMBAH SAMO PASIR PENGARAIAN

Main Author: Susi Irma Yani Pane,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4668/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4668/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4668/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4668/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4668/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4668/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4668/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4668/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid masih rendah, siswa cenderung bersikap pasif, malu bertanya kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rambah Samo. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA-1, XI IPA-2, XI IPA-3 tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji bartlet dan uji varians, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling, sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Learning Start with a Question. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dari nilai N-gain ternormalisasi (N-Gain) kelas eksperimen termasuk kedalam kategori Tinggi yaitu sebesar 1,14 sedangkan di kelas kontrol termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,50. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test Related Sample. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 7,57 dan ttabel = 2,02 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar.