Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan judul peran guru Ekonomi dalam meningkatkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah semua guru Ekonomi di SMA PGRI yang berjumlah 2 (dua) orang dan siswa 58 orang dari empat lokal. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui besar kontribusi peran guru Ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru yang didapat melalui dukungan wawancara dan penggunaan instrument angket. Berdasarkan hasil perhitungan angket dengan butir item pernyataan yang berjumlah tiga puluh (22) pernyataan dengan jumlah sampel 58 orang yang diambil dari empat kelas dengan jumlah siswa 138 menggunakan random sampling (tehnik pengambilan sampel secara acak). Dari perhitungan tersebut diperoleh hasil dengan alternative jawaban butir item 5 sebanyak 343, alternative jawaban butir item 4 sebanyak 483, alternative jawaban butir item 3 sebanyak 321, alternative jawaban butir item 2 sebanyak 85 dan alternative jawaban butir item 1 sebanyak 44 dengan perhitungan nilai kumulatif didapat sebesar 4.815 sedangkan nilai kumulatif yang diharapkan adalah 6.380 Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus P = x 100% maka diperoleh besar kontribusi presentasi Peran Guru sebesar 65,59%% dan tergolong Maksimal. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Peran Guru Ekonomi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru adalah tergolong “Maksimal”.