PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU
Main Author: | Murtini, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4658/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4658/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4658/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4658/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4658/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4658/7/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4658/6/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4658/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pengelolaan kelas (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat/dependen atau variable Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pengaruh pengeloaan kelas terhadap motivasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 188 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 65 orang peneliti menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Social Sciens) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru, dengan kontribusi pelaksanaan pengeloaan kelas terhadap motivasi belajar siswa adalah rxy = 0,490 lebih besar dari pada rt pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,250<0,490>0,354 dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.