PERAN GURU PEMBIMBING TERHADAP KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru)
Main Author: | Zul Hijjah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4644/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/ |
ctrlnum |
4644 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/4644/</relation><title>PERAN GURU PEMBIMBING TERHADAP KEIKUTSERTAAN
SISWA DALAM BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH
(Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru)</title><creator>Zul Hijjah, </creator><subject>373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru pembimbing
terhadap keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar luar sekolah (2) untuk mengetahui
faktor-faktor mendukung dan menghambat peran guru pembimbing terhadap keikutsertaan
sisewa dalam bimbingan belajar luar sekolah di SMPN 8 pekanbaru.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah guru
pembimbing yang berada di SMPN 8 pekanbaru dan siswa yang ikut bimbel. Untuk
mengumpulkan data digunakan angket dan wawancara. Data wawancara dianalisa dengan
kualitatif dan data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siwa menilai peran guru pembimbing baik
(55,5%) terhadap keikutsertaan siswa bimbingan belajar diluar sekolah aspeknya adalah (a).
guru pembimbing sebagai informan dalam bimbingan belajar luar sekolah (57%). (b). Guru
pembimbing sebagai motivator siswa yang mengikuti bimbingan belajar luar sekolah (91%).
Aspek yang diungkap siswa bahwa guru pembimbing sangat tidak berperan adalah : guru
pembimbing sebagai evaluator siswa yang mengikuti bimbel (79%).
Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran guru pembimbing terhadap
keikutsertaan siswa dalam bimbel luar sekolah yang didapat dari hasil wawancara
mengungkapkan bahwa (1) faktor pendukungnya adalah adanya kerajasama guru
pembimbing dengan guru mata pelajaran dan orang tua siwa (2) faktor penghambatnya
adalah guru pembimbing menemukan kendala-kendala yaitu keterbatasan ekonomi orang tua
dan orang tua lebih berkeinginan ikut bimbel dari pada anaknya sendiri dan juga pengaruh
dari teman yang kurang baik</description><date>2014-05-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4644/1/FM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4644/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4644/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4644/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4644/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4644/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/4644/7/EM.pdf</identifier><identifier> Zul Hijjah, (2014) PERAN GURU PEMBIMBING TERHADAP KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>4644</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Zul Hijjah, |
title |
PERAN GURU PEMBIMBING TERHADAP KEIKUTSERTAAN
SISWA DALAM BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH
(Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru) |
publishDate |
2014 |
topic |
373.236 Sekolah Menengah Pertama SMP |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/4644/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4644/ |
contents |
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru pembimbing
terhadap keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar luar sekolah (2) untuk mengetahui
faktor-faktor mendukung dan menghambat peran guru pembimbing terhadap keikutsertaan
sisewa dalam bimbingan belajar luar sekolah di SMPN 8 pekanbaru.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah guru
pembimbing yang berada di SMPN 8 pekanbaru dan siswa yang ikut bimbel. Untuk
mengumpulkan data digunakan angket dan wawancara. Data wawancara dianalisa dengan
kualitatif dan data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siwa menilai peran guru pembimbing baik
(55,5%) terhadap keikutsertaan siswa bimbingan belajar diluar sekolah aspeknya adalah (a).
guru pembimbing sebagai informan dalam bimbingan belajar luar sekolah (57%). (b). Guru
pembimbing sebagai motivator siswa yang mengikuti bimbingan belajar luar sekolah (91%).
Aspek yang diungkap siswa bahwa guru pembimbing sangat tidak berperan adalah : guru
pembimbing sebagai evaluator siswa yang mengikuti bimbel (79%).
Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran guru pembimbing terhadap
keikutsertaan siswa dalam bimbel luar sekolah yang didapat dari hasil wawancara
mengungkapkan bahwa (1) faktor pendukungnya adalah adanya kerajasama guru
pembimbing dengan guru mata pelajaran dan orang tua siwa (2) faktor penghambatnya
adalah guru pembimbing menemukan kendala-kendala yaitu keterbatasan ekonomi orang tua
dan orang tua lebih berkeinginan ikut bimbel dari pada anaknya sendiri dan juga pengaruh
dari teman yang kurang baik |
id |
IOS7815.4644 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:06:54Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:06:54Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821900912558080 |
score |
17.538404 |