PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 005 PADANG LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Dodi Hendra Saputra, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4628/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4628/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4628/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4628/7/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4628/4/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4628/5/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4628/6/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4628/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya: hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal, hal ini terlihat pada hasil evaluasi pada mata pelajaran IPA, hasil belajar siswa masih rendah di bawah Nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Siswa terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas IV/a SDN 005 Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui metode example non example di kelas IV/a SDN 005 Padang Luas Kecamtan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tahapan yang dilalui dalam penelitian adalah, Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi, Refleksi. Hasil penelitian pada data awal menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum dilakukan tindakan dengan ketuntasan 40%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata hasil belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I 66%, kemudian pada siklus II juga terjadi peningkatan 86,66% artinya secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar terjadi peningkatan berada pada kategori tinggi. Dengan ini dapat diketahui terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode example non example di kelas IV/a SDN 005 Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.