Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa MTs Al-Muttaqin Pekanbaru menggunakan metode Question Student Have (QSH) dengan Pendekatan Ekspositori dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada Perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan Metode Question Student Have (QSH) dengan Pendekatan Ekspositori dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MTs Al-Muttaqin Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh suatu treatment yang diberikan pada salah satu kelas (kelas eksperimen) dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas (kelas kontrol) yang tidak diberi treatment (menggunakan pembelajaran konvensional). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Al-Muttaqin Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa menggunakan Metode Question Student Have (QSH) dengan Pendekatan Ekspositori. Peneliti menggunakan tes “t” untuk menganalisis data. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan Metode Question Student Have (QSH) dengan Pendekatan Ekspositori lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari mean konstanta hasil belajar kelas eksperimen 73,97 lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol 64,50. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Metode Question Student Have (QSH) dengan Pendekatan Ekspositori berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa MTs AlMuttaqin Pekanbaru. Adapun saran dari peneliti yaitu, apabila ada yang ingin meneliti mengenai pengaruh metode QSH dapat dilanjutkan terhadap komunikasi atau pemahaman konsep matematika siswa.