EFEKTIFITAS PERMAINAN DENGAR DAN REBUT KATA PADA METODE SAM’IYAH SYAFAWIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-AHLIYAH AL-ISLAMIYAH AEK BADAK SAYUR MATINGGI, TAPANULI SELATAN, SUMATRA UTARA
Main Author: | Ermila Yanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4579/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4579/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4579/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4579/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4579/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4579/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4579/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4579/ |
Daftar Isi:
- Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektifitas permainan dengar dan rebut kata pada Metode Sam’iyah Syafawiyah pada pelajaran Istima’ siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ahliyah Al Islamiyah Aek Badak Sayur, Matinggi Tapanuli, Selatan Sumatra Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A dan kelas X B Madrasah Tsanawiyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara dan objeknya adalah efektifitas permainan dengar dan rebut kata pada metode sam’iyah syafawiyah pada pelajaran istima’. Peneliti menggunakan observasi dan test untuk mengumpulkan data. Observasi dilaksanakan setiap kali pertemuan atau proses pembelajaran eksperimen (menggunakan dan tanpa menggunakan Permainan Dengar dan Rebut Kata pada Metode Sam’iyah Syafawiyah) Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan antara menggunakan Permainan Dengar dan Rebut Kata pada Metode Sam’iyah Syafawiyah dengan tanpa menggunakan Permainan Dengar dan Rebut Kata pada Metode Sam’iyah Syafawiyah karena nilai To = 5,14 yang berarti lebih besar dari "T" tabel pada taraf signifikan 1% = 2,72 dan taraf signifikan 5% = 2,02. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dalam arti kata Permainan Dengar dan Rebut Kata pada Metode Sam’iyah Syafawiyah efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pelajaran Istima’ di Madrasah Tsanawiyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah Aek Badak Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.