HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENILAIAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 TAPUNG HILIR KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Ida Ratna Ningsih,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4557/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4557/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4557/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4557/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4557/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4557/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4557/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4557/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variavbel, yaitu kemampuan guru dalam penilaian (variabelbebas/independen atau variabel X) dengan hasil belajar siswa (variabl dependen/terikat atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan guru dalam penilaian dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Tapung Hilir Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII SMP Negeri 2 Tapung Hilir Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah hubungan antara kemampuan guru dalam penilaian dengan hasil belajar siswa. Populasinya adalah siswa kelas kelas VIII yang berjumlah 108 siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 52 orang yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data diambil melalui angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari alisis dengan menggunakan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistcal Package For the Social Sciens) versi 19.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan guru dalam penilaian dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Tapung Hilir Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dengan kontribusi kemampuan guru dalam penilaian dengan hasil belajar siswa adalah Antara variabel X dan Variabel Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana rxy = 0,685, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,273 <0,703> 0,354, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. yang berarti kemampuan guru dalam penilaian mempunyai hubungan yang signifikan dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Tapung Hilir Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Korelasi Kemampuan Guru dalam Penilaian Dengan Hasil Belajar Siswa