PENGARUH PELAKSANAAN TINDAKAN PREVENTIF TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Riza Solehati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4540/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4540/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4540/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4540/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4540/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4540/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4540/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4540/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh pelaksanaan tindakan preventif terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 2 orang dan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tambang yang berjumlah 87 orang. Oleh karena populasi pada penelitian ini tidak lebih dari 100, maka peneliti mengambil keseluruhan subjek sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan tindakan preventif sebagai variabel bebas (X) serta aktivitas belajar sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pelaksanaan tindakan preventif terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tambang Kabupaten Kampar, artinya semakin aktif guru melaksanakan tindakan preventif, maka semakin tinggi pula aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tambang Kabupaten Kampar. Tingkat pengaruh kedua variabel berada pada kategori rendah yaitu 0,360, sedangkan koefisien determinasinya R squere adalah 12,9% yang berarti kontribusi pelaksanaan tindakan preventif terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 12,9% dan selebihnya ditentukan oleh variabel lain.