PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU
Main Author: | Wiwin Rosmayanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4511/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4511/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4511/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4511/5/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4511/6/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4511/7/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4511/8/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4511/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMAN 1 Rambah Samo yang diperoleh masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia di kelas XI IPA SMAN 1 Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada pokok bahasan Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pretest dan postest dengan jumlah populasi sebanyak 3 kelas yang terdiri dari kelas XI IPA1, XI IPA2, dan XI IPA3. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yang homogen yaitu kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen yang akan diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu laju reaksi, dokumentasi, observasi, pretest dan postest sebagai data akhir. Untuk mengetahui homogen atau tidak nya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet dan uji varians, dan untuk data akhir menggunakan uji âtâ. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 4,26 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata gain ternormalisasi <N GAIN> hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,76 yang termasuk kategori tinggi, untuk kelas kontrol adalah 0,54 yang termasuk kategori sedang.