PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE DOT VOTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 005 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: GustinawatI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4509/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4509/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4509/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4509/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4509/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4509/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4509/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4509/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif tipe dot voting untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 20. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe dot voting untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe dot voting berhasil apabila hasil belajar siswa 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Setelah dilaksanakan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 50% atau 10 orang siswa yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 13 orang atau ketuntasan hanya mencapai 65%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 19 orang siswa atau dengan persentase 95%. Sehingga diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe dot voting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.