Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Classroom Seating terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kuok kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru bidang studi Pendidikan Agama Islam berjumlah 1 orang dan siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kuok berjumlah 40 dari 2 kelas. Variabel dalam penelitian ini adalah Classroom Seating (X) serta motivasi belajar siswa (Y).Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket,wawancara dan dokumentasai. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Classroom Seating memberikan konstribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa Classroom Seating sebesar 62.5% atau kategori sedang, sedangkan motivasi belajar siswa sebesar 65% atau kategori sedang atau cukup. Melalui uji SPSS korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi 0.972 pada taraf signifikan 1% yaitu 0.972 > 0.304 dan 3.93 Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh Classroom Seating terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, dari hasil penelitian ini diharapkan guru selalu meningkatkan Classroom Seating untuk dapat memotivasi siswa dalam belajar secara optimal.