PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL FAJAR KOTA PEKANBARU
Main Author: | Eldrifal, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4497/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4497/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4497/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4497/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4497/8/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4497/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4497/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4497/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dan variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Fajar Kota Pekanbaru sebanyak 71 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes-t untuk sampel kecil (N<30). Dari analisis data yang dilakukan dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle diperoleh nilai thitung = 2,69 yang berarti lebih besar dari tt > baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,02<2,69>2,68 sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional di MTs Al Fajar Kota Pekanbaru.