PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL BELAJAR DARI SESAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Denofridarma, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4495/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4495/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4495/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4495/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4495/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4495/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4495/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4495/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif model belajar dari sesama pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar, berdasarkan data awal yang peneliti peroleh terdapat beberapa gejala di antaranya: Dari 31 orang jumlah murid kelas V sebanyak 20 orang murid (65%) yang tidak menguasai materi pelajaran. Hal ini dapat dilihat dari murid yang mengikuti remedial yang diberikan oleh gurunya mengenai materi yang telah dijelaskan. Dari 31 orang murid kelas V sebanyak 13 orang murid (42%) yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian, ulangan semester dan latihan murid. Dari 31 orang murid kelas V sebanyak 15 orang murid (48%) yang tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikan guru, hal ini dapat dilihat dari kegiatan murid yang tidak mampu menyelesaikan soal pada waktu yang telah ditetapkan. Dari 31 orang murid kelas V sebanyak 11 orang murid (35%) tidak mengerjakan PR dan mencontek dari murid lain di kelas, hal ini dapat diketahui dari hasil keterangan guru yang mengajar di kelas tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan / persiapan tindakan, kemudian, pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar yang berjumlah 31 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif model belajar dari sesama dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar murid sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 59 dengan kategori kurang dengan murid yang tuntas mencapai 58%, kemudian pada siklus I mendapatkan ratarata 71 dengan kategori baik, sedangkan murid yang tuntas mencapai 68% dan pada siklus II mendapatkan rata-rata kelas 77 dengan ketegori baik dengan ketuntasan mencapai 90%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif model belajar dari sesama dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.