PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 35 PEKANBARU

Main Author: Husnul Khatimah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4494/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4494/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4494/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4494/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4494/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4494/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4494/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4494/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 35 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 35 Pekanbaru?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 35 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 604 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII.2 dan VIII.4, di mana kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan mengadakan pretest, empat kali pertemuan menerapkan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan satu kali mengadakan posttest. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai pemahaman konsep matematika siswa dilakukan uji t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.