ANALISIS KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYELENGGARAKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Rahmat Syuhadi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4490/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4490/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4490/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4490/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4490/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4490/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4490/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4490/ |
Daftar Isi:
- Pada judul di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam Menyelenggarakan efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada perbandingan yang signifikan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyelenggarakan efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Objek penelitian ini adalah kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyelenggarakan efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penulis menggunakan observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan data perbandingan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyelenggarakan efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik komparasi bivariat, rumusnya adalah:x = + + + =∑( ) Dari analisis, penulis mengetahui bahwa tidak ada perbandingan yang signifikan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyelenggarakan efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Dari hasil analisa dengan menggunakan rumus chi kuadrat untuk mencari apakah ada perbedaan signifikan pada kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam menyelenggarakan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar dengan memperoleh harga X2 observasi sebesar 11,409 lebih kecil dari X2 harapan, baik pada taraf signifikan 1% yaitu 26,22 maupun pada taraf 5% yaitu 21,03. Dengan demikian tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar.