PENGARUH PENERAPAN TEORI KOGNITIF PIAGET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RENGAT
Main Author: | Sri Muliyani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4487/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4487/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4487/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4487/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4487/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4487/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4487/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4487/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya pemahaman matematika siswa terhadap materi Garis singgung lingkaran adalah karena kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan, siswa tidak diberikan kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, sehingga siswa kurang memahami konsep dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini “Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan Penerapan Teori Kognitif Piaget Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional”. Adapun rumusan masalahnya “apakah terdapat pengaruh pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan penerapan Teori Kognitif Piaget Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini ingin melihat Pengaruh Penerapan Teori Kognitif Piaget Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa dikelas eksperiman dan siswa dikelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya pengaruh dalam pemahaman konsep Matematika siswa yang signifikan setelah penerapan Teori Kognitif Piaget Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 2,23 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung > ttabel karena 2,23 > 2,00 , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Ha diterima berarti Adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa, adanya pengaruh pemahaman konsep siswa yang belajar menggunakan Penerapan Teori Kognitif Piaget melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.