PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-QASIMIYAH KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | Ipasriyani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4460/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4460/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4460/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4460/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4460/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4460/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4460/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4460/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah AlQasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Sedangkan rumusan masalahnya adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Qasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Qasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Sedangkan objek penelitiannya adalah pengaruh penerapan strategi pembelajaran Crossword Puzzleterhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII. Populasinya berjumlah 81 orang dari tiga lokal. Mengingat hanya dua lokal yang akan dijadikan penelitian maka penulis melakukan penarikan sampel dengan teknik random sampling, untuk menguji homogenitasnya dengan cara uji bartlet, maka diperoleh jumlah siswa 54 orang. Metode yangdigunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi dan dokumnetasi. Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan teknik analisisi Komparasi Bivariat dengan menggunakan metode Tes “t”, yakni Tes “t” untuk sampel kecil (N < 30)yangtidak berkolerasi. Berdasarkan hasil dan analisis data ternyata Ha dapat diterima, hal ini dapat dibuktikan nilai dari hasil Tes “t” yang menyatakan nilai r hitung = 3,731 ≥ dari nilain rtabel baik pada taraf signifikan 5% =2,01, maupun pada taraf signifikan 1%=2,68 (2,01 < 3,731 > 2,68). Ini mengandung arti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yangdiajarkan dengan menerapkan stategi pembelajaran Crosswrod Puzzledengan hasil belajar siswa yangdiajarkan dengan tidak menerapkan strategi pembelajaran Crossword Puzzle.