PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Main Author: Nurdina Safitri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4448/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4448/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4448/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4448/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4448/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4448/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4448/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4448/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model Problem Based Instruction dengan menggunakan Mind Map terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penerapan model Problem Based Instruction dengan menggunakan Mind Map terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa?”. Desain penelitian ini adalah Intact-Group Comparison yang merupakan bagian dari desain penelitian Pre-Experimental Designs, dimana satu kelompok yang digunakan dalam penelitian dibagi dua, yaitu setengah kelompok sebagai kelompok eksperimen dan setengah kelompok sebagai kelompok kontrol. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 40 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dilaksanakan pembelajaran model Problem Based Instruction dengan menggunakan Mind Map dan satu kali pertemuan dilaksanakan re-teaching dengan tutor sebaya dan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa Problem Based Instruction dengan menggunakan Mind Map memberikan pengaruh kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menunjukkan nilai thitung = 2,84 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,02 dan 2,72.