PENGARUH PENGGUNAAN METODE QUESTIONS STUDENTS HAVE (QSH) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FALAH DUMAI
Main Author: | Siti Marfu’ah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4425/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4425/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4425/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4425/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4425/7/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4425/5/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4425/6/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4425/ |
Daftar Isi:
- Dalam proses pembelajaran, keaktifan siswa merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan oleh guru sehingga proses yang ditempu memperoleh hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan keaktifan belajar siswa antara siswa yang menggunakan metode Questions Students Have terhadap keaktifan belajar siswa dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Questions Students Have terhadap keaktifan belajar siswa yang menggunakan metode Questions Students Have dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MTs Al- Falah Dumai?”. Dalam penelitian ini terdapat dua variable yaitu variabel X (Metode Questions Students Have) dan variabel Y (Keaktifan Belajar Siswa). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Dumai, dan objek dari penelitian ini adalah Metode Questions Students Have dan Keaktifan Belajar Siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Dumai, sebanyak 115 orang siswa, penulis mengambil sampel pada kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 64 orang siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan lembar observasi dan dalam penelitian ini pertemuan dilaksanakan sebanyak empat kali. Untuk melihat hasil penelitian tersebut digunakan Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk menguji hamogenitas kemudian digunakan rumus uji t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan penyajian data dan analisis data tentang Pengaruh Penggunaan Metode Questions Students Have Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Dumai. Hasil ini berdasarkan analisis menggunakan “tes t” yang diperoleh thitung (to) lebih besar dari ttabel (tt).Dengan to = 3,284 berarti lebih besar dari tt pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau (2,00 <to = 3,284 > 2,65). Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dari hasil analisis data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Metode Questions Students Have Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Dumai