Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah DR. Pratomo Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) pada Rumah Sakit Umum Daerah DR. RM. Pratomo Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: untuk megetahui pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) pada Rumah Sakit Umum Daerah DR. RM. Pratomo Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah teknik interview, kuissioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu berusaha menggambarkan fakta-fakta dengan mengemukakan dan menggambarkan mengenai gejala-gejala secara lengkap tentang aspek yang diteliti. Sedangkan metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data kuantitatif akan dianalisa berdasarkan hasil perolehan skor berdasarkan teknik pengukuran. Berdasarkan hasil rekakapitulasi kuisioner penelitian yang diberikan kepada 99 orang responden dan 17 buah pertanyaan angket, maka rata-rata responden menjawab baik yaitu 44 orang atau 44,27%. Hal ini jelas bahwa pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamksemas) di Rumah Sakit Umum Daerah DR. RM. Pratomo Bagansiapiapi berada pada kategori cukup baik, karena berada pada persentase 34%-66%. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada rincian berikut ini: (1) Ketepatan Waktu Pelayanan Program Jamkesmas di Rumah Sakit Umum Daerah DR. RM. Pratomo Bagansiapiapi dikategorikan cukup baik, (2) Akurasi Pelayanan Jamkesmas di Rumah Sakit Umum Daerah DR. RM. Pratomo Bagansiapiapi dikategorikan baik, (3) Kesopanan dan Keramahan Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah DR. RM. Pratomo Bagansiapiapi Dalam Memberikan Pelayanan Pada Pasien Pengguna Program Jamkesmas dikategorikan cukup baik, (4) Kemudahan Mendapatkan Pelayanan Bagi Pasien Pengguna Program Jamkesmas di Rumah Sakit Umum Daerah DR. RM. Pratomo Bagansiapiapi dikategorikan kurang baik, (5) Kenyamanan Dalam Mendapatkan Pelayanan Bagi Pasien Pengguna Program Jamkesmas di Rumah Sakit Umum Daerah DR. RM. Pratomo Bagansiapiapi dikategorikan cukup baik, dan (6) Atribut Pendukung Pelayanan Jamkesmas di Rumah Sakit Umum Daerah DR. RM. Pratomo Bagansiapiapi dikategorikan kurang baik. Kata Kunci: Pelayanan, Jamkesmas