FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMASANGAN KAWAT GIGI (BEHEL) PADA KLINIK KESIANA DI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Klinik Kesiana Pekanbaru yang beralamat di Jl.Hasanuddin No. 95 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen pada Klinik Kesiana di Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Klinik Kesiana di Pekanbaru pada periode tahun 2013 yang berjumlah 3.071. penarikan data menggunakan aksidental sampling yang berjumlah 100 responden. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perilaku konsumen dalam pemasangan kawat gigi (behel) pada klinik kesiana dan untuk mengetahui faktor yang dominan mempengaruhi perilaku konsumen. penelitian ini menggunakan empat variabel bebas yaitu faktor budaya, faktor sosial. Faktor pribadi dan faktor psikologis dan satu variabel terikat yaitu perilaku konsumen. pengelolahan data menggunakan skala likert dengan peralatan statistik regresi linier berganda. Hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : di duga faktor budaya dan faktor sosial secara persial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen, dan di duga variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen. berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh sebagai berikut : bahwa secara simultan variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh terhadap perilaku konsumen , hal ini dilihat dari uji F, yang mana nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (f hitung 21,610 > f tabel 2,467). Selanjutnya yaitu secara parsial variabel faktor budaya dan faktor sosial berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen pada Klinik kesiana, hal ini terlihat dari uji t, yang mana nilai t hitung dari setiap variabel bebas lebih besar dari t tabel. Dari kedua variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi perilaku konsumen dalam pemasangan kawat gigi (behel) pada Klinik Kesiana adalah variabel faktor budaya yaitu sebesar 4,194, yang di tunjukkan melalui nilai t hitung. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada pihak Klinik Kesiana untuk lebih meningkatkan kretifitas atau penciptaan produk baru serta inovasi-inovasi baru dalam pemasangan kawat gigi (behel), sehingga tujuan klinik kesiana dapat tercapai dengan baik, dan bagi peneliti selanjutnya, untuk meneliti variabel lain dari perilaku konsumen. Kata kunci : Perilaku konsumen, faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis.