ANALISIS STRATEGI PENJUALAN SEPEDA MOTOR MEREK SUZUKI PADA PT. RIAU JAYA CEMERLANG PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Riau Jaya Cemerlang pekanbaru yang mana PT. Riau Jaya Cemerlang pekanbaru merupakan perusahan yang bergerak dalam bidang penjualan sepeda motor merek suzuki, selain penjualan perusahan ini juga menyediakan jasa perawatan sepeda motor dan penjualan suku cadang asli suzuki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui starategi penjualan yang dilakukan oleh PT. Riau Jaya cemerlang pekanbaru dan juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penjualan Sepeda Motor Merek Suzuki pada PT. Riau Jaya Cemerlang pekanbaru. Pengambilan sampel dengan metode Accedintal sampling, yaitu pengambilan sampel secara sengaja, dengan catatan sampel tersebut mempunyai hubungan dengan permasalah yang sedang di teliti. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linear berganda dan data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS V.20. Pengujian secara simultan dan parsial menunjukkan bahwa variabel independen (pelayanan, promosi dan sales skill) berpengaruh signifikan dan positif terhadap penjualan sepeda motor merek suzuki pada PT. Riau Jaya Cemerlang Pekanbaru. Besar sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen tersebut adalah sebesar 73,4%. Dari hasil pengujian tersebut diketahui bahwa variabel sales skill memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap penjualan sepeda motor merek suzuki. Dari hasil penelitian dan pembahasan terdiri dari faktor pelayanan, faktor promosi dan faktor sales skill dapat diperoleh kesimpulan bahwa faktor pelayanan, faktor promosi dan faktor sales skill mempengaruhi penjualan. Kata kunci : faktor pelayanan, promosi, sales skill dan penjualan.