PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWASEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 KECAMATAN UKUI KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | Ana Fitriana, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4259/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4259/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4259/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4259/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4259/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4259/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4259/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4259/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP N 4 Ukui Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMPN 4 Ukui. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran TTW, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SMP N 4 Ukui Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan.Untuk melihat hasil penelitian, digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Berdasarkan analisis uji t diketahui t-hitung adalah 7.026 sedangkan ttabel 2.045. Nilai kedua kelas (eksperimen dan kontrol) adalah thitung > ttabel atau 7.026 > 2.045 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada tingkat signifikan 5%. Hipotesis yang diajukan, yaitu “terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran think talk write terhadap siswa yang diajarkan dengan model konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP N 4 Ukui Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan” diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam.