MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN HADIS SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Rina Hayani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4245/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4245/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4245/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4245/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4245/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4245/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4245/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4245/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Menghafal Al-Qur’an dan Hadits Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Bangkinang Seberang dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat menghafal Al-Qur’an dan Hadits. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Pondok Pesantren Al-Hikmah Bangkinang Seberang yang berjumlah 120 orang siswa dengan ini diambil sebagai sampel berjumlah 30 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data minat siswa menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadits adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Data dianalisis dengan menggunakan rumus: P = x 100% Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat menghafal al-Qur’an dan Hadits siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Bangkinang Seberang dikategorikan “Tinggi” dengan persentase 66,28% sedangkan faktorfaktor yang mempengaruhi Minat Menghafal Al-Qur’an dan Hadits Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar adalah: Motivasi guru, metode pembelajaran aktif, alat elektonik yang berhubungan dengan kegiatan hafalan, waktu menghafal, lingkungan, pemberian hadiah untuk yang berprestasi, pemberian hukuman untuk yang gagal menghafal, menjelaskan pentingnya menghafal Al-Qur’an, kesulitan dalam mengajar Qur’an Hadits, usaha yang digunakan untuk memotivasi siswa dalam menghafal AlQur’an