PENGARUH SUASANA KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Reni Relawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4240/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4240/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4240/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4240/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4240/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4240/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4240/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4240/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian korelasi bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana kelas terhadap efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana efektifitas pelaksanaan pembelajaran PAI dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas pembelajaran serta pengaruh suasana kelas terhadap efektifitas pembelajaran PAI di SMAN 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Tambang yang berjumlah 520 orang, mengingat banyaknya populasi peneliti membatasi populasi dengan mengambil sampel sebanyak 11% yaitu 58 orang dengan menggunakan tekhnik random sampling. Selanjutnya penulis menggunakan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi suasana kelas terhadap efektifitas pembelajaran. Sedangkan data angket digunakan untuk mengetahui hubungan antara suasana kelas dengan efektifitas pembelajaran dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan,dilihat dari hasil angket bahwa suasana kelas dikatakakan cukup baik dilihat dari nilai rata-rata angket yaitu 68 dan efektifitas pembelajaran dikatakan cukup efektif dilihat dari hasil angket yaitu 71. Selanjutnya setelah di uji korelasi antara pengaruh suasana kelas dengan efektifitas pembelajaran menggunakan koefisisen korelasi product moment dinyatakan tidak ada pengaruh yang signifikan antara suasana kelas dengan efektifitas pembelajaran baik pada taraf 1% maupun pada taraf 5%, dengan hasil t hitung (-0,314) lebih kecil dari pada t tabel(-2,0025), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Setelah di uji pengaruh antara suasana kelas dengan efektifitas pembelajaran menggunakan koefisien determinasi dinyatakan bahwa besarnya pengaruh suasana kelas terhadap efektifitas pembelajaran hanya sebesar 0,2%.