KEMAMPUAN GURU MEMBERIKAN PENGUATAN VERBAL DAN NONVERBAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG
Main Author: | Eko Setiyawan Saputra, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4239/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4239/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4239/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4239/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4239/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4239/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4239/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4239/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Guru memberikan Penguatan verbal dan nonverbal dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan Hal-hal yang perlu dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam memberikan penguatan verbal dan nonverbal di sekolah menengah atas negeri 2 Tambang. Subjek dari penelitian ini adalah Guru Bidang Studi Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang yang berjumlah 3 orang dan objeknya adalah Kemampuan Guru memberikan penguatan verbal dan nonverbal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Obsevasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan rumus : F P = X100% N Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Kemampuan Guru memberikan Penguatan Verbal Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang dapat dikategorikan “Cukup Optimal” dengan perolehan skor 60%. Hal ini dilihat berdasarkan ketentuan bahwa 41%-60% dikategorikan “Cukup Optimal”. Sedangkan Kemampuan Guru memberikan Penguatan nonverbal Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang dapat dikategorikan “Cukup Optimal” dengan perolehan skor 58,89%. Hal ini dilihat berdasarkan ketentuan bahwa 41%-60% dikategorikan “Cukup Optimal”. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Guru memberikan Penguatan verbal dan nonverbal Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang dapat dikategorikan “Cukup Optimal”.