Daftar Isi:
  • Penelitian ini telah dilaksanakan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar kimia pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah korelasi bivariat yaitu menentukan hubungan dua variabel, motivasi belajar sebagai variabel X dan hasil belajar variabel Y. Motivasi belajar dapat diketahui dengan menggunakan angket motivasi belajar sedangkan hasil belajar diketahui dengan memberikan soal tes hasil belajar. Sampel terdiri dari dua kelas XI IPA yang sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas. Selanjutnya data hasil pengamatan hubungan motivasi belajar dan hasil belajar diuji dengan menggunakan Korelasi Serial. Hasil pengolahan data diperoleh rch = 1.473 < rt = 0.250, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel motivasi belajar dengan hasil belajar kimia pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru.