Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar yang berjumlah 153 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas VIII.1 yang berjumlah 24 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII.2 yang berjumlah 24 orang (sebagai kelas kontrol). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu satu pertemuan untuk prites, lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan uji tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Negeri Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar.