KEPERCAYAAN DIRI SISWA YANG AKTIF MENGIKUT LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Main Author: Yanti Yusnita,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/419/1/2011_201103.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/419/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepercayaan diri siswa dan factor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa serta bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk kepercayaan diri siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Pada penelitian ini untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik angket dan wawancara. Data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif dan data wawancara dianalisa dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Kepercayaan diri siswa dari konsep operasional,untuk mendukung data diatas dapat di peroleh secara keseluruhan penyajian angket kepada siswa, yaitu “sering” dengan persentase 395,58% dan “kadang-kadang” dengan persentase 301,5% sedangkan “tidak pernah” dengan persentase 369,11%. Ini berarti upaya yang dilakukan tergolong “cukup baik”. Adapun mengenai factor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa ada 4 faktor yaitu factor fisik, factor ekonomi, faktor lingkungan dan faktor keluarga. Dari ke empat factor tersebut yang sangat mempengaruhi kepercayaan diri siswa adalah factor fisik dengan persentase siswa yang merasa wajahnya jelek (54,41%), siswa merasa tidak percaya pada kemampuan nya (45,58%). Adapun Pelaksanan Layanan Bimbingan Kelompok adalah Untuk Meningkaatkan Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru adalah sebagai berikut:(a).Guru Pembimbing menjelaskan tujuan layanan bimbingan kelompok(b).Guru pembimbing menyiapkan materi layanan bimbingan kelompok(c).Guru pembimbing menentukan metode layanan bimbingan kelompok (d)Guru pembimbing menentukan strategi sebelum melaksanakan layanan bimbingan kelimpok