Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Keterampilan memberikan reinforcement sebagai variabel independen/bebas (X) dan hasil belajar siswasebagai variabel dependen/terikat (Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara keterampilan memberikan reinforcementdan hasil belajar siswa di SMAN 1 Kampar Air Tiris. Subyek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas XI di SMAN 1 Kampar Air Tiris, sedangkan obyeknya adalah pengaruh keterampilan memberikan penguatan terhadap hasil belajar siswa. Populasinya adalah satu orang guru ekonomi dan siswa kelas XI di SMAN 1 Kampar Air Tiris yang berjumlah 108 siswa, dan sampelnya berjumlah 52 siswa.Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi.Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat software komputer SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 19.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan memberikan reinforcementdan hasil belajar siswa di SMAN 1 Kampar Air Tiris. Nilai kontribusi pengaruhnya menunjukkan angka 54,1 % (0,541 X 100% = 54,1%), selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro (observasi) = 0,735, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,279 dan taraf signifikan 1% = 0,361, hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.