PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 7 DUMAI

Main Author: Lusi Angraini,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/4157/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4157/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4157/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4157/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4157/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4157/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4157/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/4157/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI)dengan pendekatan inkuiri dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan inkuiri dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 7 Dumai?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Randomized Pretest-Postest Conttrol Group Design. Dalam penelitian ini peneliti langsung berperan sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Dumai, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini pertemuan dilaksanakan sebanyak tujuh kali, yaitu satu kali pertemuan dilaksanakan pretes, lima kali pertemuan dilaksanakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Inkuiri dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji varian untuk menguji homogenitas kemudian digunakan rumus uji t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI)dengan pendekatan inkuiri dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 7 Dumai.